UK Trip 2013: Part 2, Liverpool-Manchester

Minggu, 10 Nov 2013
Setelah nyempetin jalan-jalan dikit lihat Big Ben & London Eye (titip koper besar dulu di Euston station), jam 11 kami sudah harus jalan ke Liverpool. Ini gak tau suami yang salah pesen atau gimana (tapi menurut katanya harganya kok kayak reguler), kita dapet 1st class di Virgin Train *joget-joget*.

Jadwal kereta UK bisa dicek di webnya Nationalrail, nanti beli tiketnya bisa langsung atau meluncur ke web penyedia jasa kereta yang dipilih. Untuk harga sih emang tergantung season dan kapan ordernya. “Check-in” di stasiun pun canggih sangat dan buat gw yang ndeso ini cukup heboh, tinggal gesek CC yang dipakai untuk transaksi online sebagai verifikasi di mesin tiket, keluar deh tiketnya. HUWOW.

Landscape
Landscape di perjalanan London-Liverpool

Perjalanan London-Liverpool ini sekitar 3.5 jam, kami sampai di Lime Street station sekitar pukul 13.30 pas ada Veteran parade lewat. Karena udah teramat lapar, kami late lunch dulu di Halal Nando’s yang cuma sekali koprol dari stasiun. Setelah makan kami lanjut  jalan untuk istirahat di hotel.

 #Review: Alhamdulillah Z Hotel adalah hotel paling OK dan (surprisingly) ekonomis murah sepanjang UK Trip ini. Sumonggo dicekidot Z Hotel Liverpool, totally recommended. 2 malam ‘cuma’ GBP 75, atau sekitar 700ribu semalam dengan lokasi yang strategis. Kamarnya kecil aja, tapi sangat layak dibandingkan value hotel di Indonesia (macam F*ve, misalnya), apalagi dibandingin Easy Hotel London.

Karena si emak-emak rempong ini kecapean dan pengen balas dendam hotel abal-abal di London, sampe malam kami cuma ndusel dan nonton Friends di TV Kabel. Jam 8 malam baru keluar lagi lihat-lihat Liverpool di malam hari sambil cari makan. Sepi banget ternyata padahal belum terlalu malam, kalo menurut suami sih orang lokal jam segitu udah nongkrong di bar. Balik makan kami malah kena insiden, insulted by a group of drunk young men yang ngusir-ngusir dan teriak-teriakin gw, kirain karena pake jilbab… tapi kayaknya racism deh, simply because we’re not Caucasian, soalnya abis itu ada Chinese malang yang digangguin juga 😦  Ya sebenernya selalu ada sisi rasis dalam diri manusia kan ya? Karena sober ya hari-hari gak dikeluarin, cuma ngomongin di belakang. Giliran mabuks keluar deh semuaaa… Pelajaran buat besok ga mau kelayapan di atas jam 7 malam (kecuali rame-rame) deh.

Senin, 11 Nov 2013
Jadwal hari ini main ke Anfield nemenin Pak Suami sang Liverpudlian yang udah pernah ke sana tapi gak pake tour waktu itu, jadilah kita ambil paket Stadium Tour & Liverpool FC story. Harganya bisa dilihat di sini. Untuk jalan-jalan di Liverpool, naik dan mempelajari rute bus-nya juga gampang banget kok. Gw udah heboh sendiri ada Gerrard, yang ternyata tour guide-nya yang (menurut gw doang) miriiiiip bingit Stevie G. Sepanjang tour ada beberapa trivia quiz dan suami ini bisa jawab sebagian besar, sayang ga dapat hadiah. Tour-nya terdiri dari historical tour, keliling ruangan inti kayak conference room & ruang ganti pemain, masuk stadium-nya, dan terakhir self tour di museum.

Anfield
Ternyata Anfield itu termasuk ciliiiik

Pulang dari Anfield, kami ke Nando’s lagi (kapan lagi ada Nando’s halal? Bumil doyan) Belajar dari malam sebelumnya, kami dari sore ke maghrib kami cuma keliling sekitaran kota dan pelabuhan aja sambil nyari makan buat dibungkus dan dimakan di hotel.

Selasa, 12 Nov 2013
Waktunya ke Manchester, kali ini naik bis aja karena deket. Langsung go show ke terminal bus terdekat dari hotel dan beli daily ticket di sana (@ GBP 15), harga bisa dicek di  web National Express. Deket banget kok ke Manchester, cuma 55 menit perjalanan. Dari perbandingan gw terhadap 2 kota sebelumnya, untuk tinggal sih gw prefer Manchester, cukup ramai tapi gak terlalu sibuk. Mungkin karena kota pelajar ya, kalo London terlalu rame dan ritmenya terlalu cepat (khas ibukota), sementara Liverpool terlalu kecil dan sepi. Suami sih paling suka Edinburgh karena orang-orangnya paling baik (OK kita lihat saja nanti).  Ini apa sik, emang sapa juga yang mau tinggal yak?

#Review: Untuk Manchester dan Edinburgh pilihan kami jatuh ke Travelodge hotel, salah satu hotel chain yang terbilang ekonomis di UK. Menurut gw Travelodge ini recommended buat turis ekonomis yang mau bawa anak, karena kamarnya luas, sangat layak 🙂 Untuk Manchester kami pilih branch yang Central Arena karena pas booking paling murah 😛 agak jauh dikiiiit jalannya, olahraga lah. Tarifnya semalam sekitar GBP 40-an.

Di hari perjalanan biasanya kami ‘gak kemana-mana’, lebih ke karena kondisi gw yang lagi-gampang-capek-dan-ngantukan. Untuk dinner kami janjian sama teman kuliah Pak Suami yang lagi S2 di Manchester beserta keluarganya di My Lahore, restoran Pakistan. Entah kenapa gw yang gak cocok sama masakan Hindi-Timur Tengah cukup nyambung sama yang satu ini. Suasananya juga cukup hangat, menurut teman Pak Suami, di sini setidaknya bisa dapet suasana restoran di Asia yang ‘dilayani’.

Rabu, 13 Nov 2013
Kalau 2 hari yang lalu sudah ke Anfield, hari ini waktunya ke Etihad. Horeh! Tapi sebagai premature fan (yang baru jadi Citizen aja setelah that glory against MU 6-1 2 musim yang lalu) gw cukup tau diri untuk ga ambil tur. Jadi ke Etihad-nya beneran cuma keliling-keliling, foto-foto, dan ke merchandise store (tanpa beli apa-apa :P).

Etihad
Etihad Stadium

Di Manchester ini kami emang cuma niat sehari semalam, untuk sekedar ‘tau’ dan gw pengen mampir di Etihad. Kalo untuk wisata emang masih bagusan Liverpool kok, beda kan preferensi menetap (yang tadi gw bilang Manchester) dan wisata. Jadi siangnya kami sudah harus lanjut naik kereta ke Edinburgh. Sebelum ke Picaddily Station kami mampir dulu di tempat breakfast & brunch halal Manchester, Chai Latte. Cukup OK 🙂

Perjalanan dari Manchester ke Edinburgh sendiri cukup panjang, 4.5 jam. Dan ternyata Travelodge Hotel yang kami pilih (Central) lumayan jauh dari Waverley station *phew* Kalo mau yang lebih deket stasiun mungkin bisa pilih yang Rose Street, tapi secara bangunan yang Central ini sepertinya yang paling bagus di Edin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s