Winter Trip 2014 Part 1: Hamburg

Winter memang tidak senyaman summer untuk berlibur, tapi kalo bisa cuti lumayan panjang rasanya sayang kalo gak dimanfaatkan untuk berlibur. Sayangnya karena sibuk pindahan ke Belanda, gw dan suami belum kepikiran dari jauh-jauh hari untuk winter trip tahun 2014 lalu. Pengennya sih ke Perancis atau negara-negara lain yang lebih selatan supaya lebih “hangat”, tapi kalo ngedadak kan segala tiket udah terlalu mahal. Akhirnya kami putuskan untuk road trip saja ke Jerman bagian utara, relatif dekat untuk dijabanin naik mobil. Kami mengajak serta seorang kolega yang masih single dan dengan semangat malah menawarkan naik mobilnya dengan bensin gratis untuk keperluan pribadi dari kantornya. Kalo gw sih jelas paling seneng karena bisa tongbro buat fotoin sekeluarga, gak perlu tongsis 😛

Ini adalah liburan pertama keluarga kami setelah meisje-H lahir. Tentunya itinerary liburan bersama bayi tidak akan terlalu ambisius ala anak muda. Hotel yang kami pilih di setiap kota adalah IBIS (the basic one, yang logo merah), kriteria pemilihan kami adalah (1) ada parkiran, (2) dekat dengan stasiun/halte, (3) relatif dekat dengan pusat kota. Rata-rata biaya per malamnya adalah 45EUR atau sekitar Rp 700ribu dengan biaya parkir rata-rata 9EUR per malam. Semua sesuai dengan ekspektasi dan harga layaknya IBIS. Rute yang kami pilih adalah Groningen – Hamburg (arah timur), Hamburg – Berlin (arah timur ), Berlin – Hannover (arah barat ), dan kembali ke Groningen (arah barat)

Day 1: Hamburg

Kami berangkat pukul 9 pagi dan sampai tepat jam makan siang di Hamburg, kami makan siang di Back Lava, restoran Turki yang terletak di wilayah Islamic Center Steindamm. Di wilayah ini ada mesjid dan lengkap berjejer aneka restoran halal. Setelah makan kami check in hotel IBIS Hamburg City, istirahat sebentar supaya meisje H bisa guling-guling, kemudian berangkat ke Christmas Market.

IMG_6524IBISnya lumayan kan 🙂 karena ada bayi instead of disediakan cot kami dikasih extra bed

Karena lokasi hotel cukup dekat, kami bisa jalan kaki ke pusat kota. Di itinerary awalnya gw pikir perlu 2 malam untuk mengeksplor beberapa Christmas Market. Surprisingly, beberapa Christmas Market di Hamburg lokasinya sangat berdekatan di pusat kota sehingga malam itu semua sudah kami datangi walaupun tidak benar-benar kami eksplor .Semua market penuh banget, yang terbesar dan ter-ramai ada di City Hall. IMHO sih marketnya biasa aja, kurang lebih sama aja semua yang dijual 😛 Stand paling rame tentunya stand warm alcoholic beverages. Untuk Muslim yang pengen jajan bisa beli fish sandwich, fried mushroom, atau semacam kue bantal yang ditaburi gula bubuk. Sebetulnya sih cakep marketnya buat difoto, tapi ga ketangkep cakepnya sama kamera HP. Tsk.

Day 2: Hamburg

Sesuai itinerary, paginya kami berangkat ke Miniatur Wunderland, di website kita bisa booking jam kedatangannya (jam pulang bebas, tapi jam kedatangan ditentukan). Harga tiket dewasa adalah 12EUR per orang. Cuaca hari itu lumayan, lumayan jelek T_T. Hujan yang cukup deras tapi masih bisa diterobos buat jalan kaki walaupun kalo begini di Indonesia gw sih ogah jalan dari hotel. Lucky us datang cukup pagi, makin siang makin ramai padahal tempatnya tidak terlalu besar. Miniatur Wunderland adalah semacam pameran dari model-moder miniatur tempat-tempat yang ada di dunia. Ukurannya menyerupai maket, tetapi lebih detail karena dilengkapi dengan motor penggerak untuk kendaraan, lampu-lampu interaktif, dan  scene miniatur manusia yang sedang beraktifitas.

IMG_6522Berlin Wall Demolition

Sebelum masuk ke exhibition utama, kita disuguhi dengan miniatur sejarah Jerman yang berupa lokasi yang sama dengan perbedaan kondisi dari masa ke masa. Yang sedang dipamerkan di exhibition utama saat kami datang adalah penugungan di Swiss, Bavaria, Middle Germany, America, perairan Scandinavia, Austria, dan yang paling menarik buat gw adalah Knuffingen Airport. Airport mini ini dilengkapi dengan jadwal penerbangan pesawat di mana pesawat-pesawat mini-nya betul-betul “diterbangkan” sesuai jadwal. Penerangan ruangan di Miniatur Wunderland juga diatur sedemikian rupa sehingga kita dapat merasakan suasana siang dan malam.

IMG_6523Knuffingen Airport, kurang lucu sih kalo begini tapi aku malas upload video :)))

IMG_6525North Sea, lengkap dengan air betulan

Menurut leaflet yang gw baca, Miniatur Wunderland dibuat mainly dari imajinasi creators-nya. Miniatur memang terinspirasi dari lokasi sebenarnya tetapi tidak dibuat sebagai replika yang persis. Overall tempat ini recommended buat dikunjungi kalo ke Hamburg, terutama untuk laki-laki usia TK sampai bapak-bapak, arsitek dan sebangsanya, atau perempuan yang mengapresiasi LEGO (aku, aku :))))

Setelah puas selama 2 jam di exhibition, kami ngopi sebentar sambil menunggu hujan reda di Speicherstadt Kaffeerösterei, tepat di sebelah Miniatur Wunderland. Tempat ini semacam Kopi Aroma di Bandung yang lengkap dengan tempat penggilingan kopi rumahan-nya. Tentu kami tidak lupa dengan meisje-H yang punya kebutuhan berguling-guling, sehingga setelahnya kami kembali ke Hotel untuk istirahat sebelum late lunch. Di itinerary awal, kami berencana untuk makan siang di Restoran Indo ‘Cita Rasa’ di wilayah Islamic Center. Ternyata karena terlalu sore makanannya sudah habis, kecewa tapi no worries karena di sepanjang jalan ada restoran halal dan kami pun memilih LADES, sekalian take away untuk makan malamnya. Sore yang gelap karena winter itu pun kami habiskan kembali dengan berjalan-jalan di kota. Blok-blok jalan di Hamburg yang lumayan besar dan modern lebih mengingatkan gw pada settingan film-film US, pusat kotanya tidak seklasik Eropa dalam benak gw secara umum. Sayangnya Europa Passage si mall besar yang katanya paling OK rasanya kurang lebih aja sama mall di Balikpapan 😀