2015 Resolution (1/3)

Terinspirasi salah satu blogger favorit – Leija – , tentang read more books di tahun 2015, gw juga mau posting ah soal ini. Jadi di tahun 2015 gw punya 3 resolusi duniawi yang terukur atau jelas KPI-nya. Kebetulan ada 3 jadi gw kasih tag easy, moderate, dan hard (ceileh loba gaya nih).

Yang gw kategorikan easy padahal enggak ini adalah reading resolution, kalo gw tulis di FD book club sih resolusinya 2 buku per bulan (termasuk menyelesaikan buku-buku lama yang belum selesai dibaca) tapi di Goodreads gw sederhanakan menjadi 24 buku per tahun. Secara bulan Januari aja gw cuma kelar 1 buku dengan alasan sibuk pindahan, berarti bakal susah nih buat bikin target bulanan. Kalo dibuat tahunan kan bisa ditarik ke bulan selanjutnya. Macam target khatam Ramadhan yang idealnya ODOJ jadi ada satu hari yang harus kejar tayang karena hari sebelumnya keteteran. Classic, and I’m not proud.

BooksBuku bulan Maret

Gw bukan orang yang hobi baca buku, apalagi bookworm. Mungkin pas SD sempat hobi walaupun kisaran bacaannya cuma Doraemon, majalah Bobo, Donal Bebek, ensiklopedia anak-anak, dan beberapa buku cerita tidak memorable. Bukan, jelas bukan seperti Suami atau teman-teman lain yang sedari kecil sudah membaca Enid Blyton dan Roald Dahl sementara gw baru baca Charlie pas SMP. Untuk sekarang, genre favorit gw adalah Memoir karena real tapi bacanya santai berasa baca blog, dan ceritanya hampir semenarik fiksi. Setelahnya tentunya fiksi (termasuk chicklit, dong ;)) dan non-fiksi yang mengkompilasi fakta seperti buku-bukunya Gladwell dan blablanomics semacam Freakonomics (ada yang tau yang pertama kali keluar dengan judul macam ini buku apa?)

Kembali ke resolusi, sebetulnya resolusi ini gw buat karena kekecewaan gw terhadap diri sendiri yang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan  internet dan socmed. Mengecek socmed menjadi kegiatan rutin (mau gw-nya kerja, mau gw jadi Ibu RT) mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi, sedih deh (gw sih sedih walaupun tetep dilakuin). Jadilah baca buku ini ditargetkan untuk menyeimbangkan pengisian waktu luang.

Hasil sementara?

Bulan Januari gw hanya sanggup menyelesaikan David & Goliath dan separo dari buku parenting The Whole Brain Child. Februari, ngebut di minggu terakhir gw selesaikan TWBC dan Socialnomics yang juga sudah dibaca separo pas hamil. Buku terakhir juga baru selesainya tanggal 1 kemarin, tapi kan Februari cuma 28 hari ya (maksa :D). Untuk bulan ini gw (berniat) mengejar ketertinggalan dengan menargetkan 3 buku pada foto di atas, yaitu:

  • The Secret Island – Enid Blyton (dari seri yang dikenal di Indo dengan Empat Serangkai/Sekawan). Buku ini satu dari sedikit buku Suami yang diboyong dengan cargo ke sini, dibawanya karena ini buku kenangan masa kecil walaupun yang dulu dipunya versi Indo dan lengkap sekarang sudah entah di mana.
  • To Kill a Mockingbird – Harper Lee. Tercatat di halaman pertamanya gw beli tahun 2009 tapi gak pernah betul-betul gw baca karena… lelah, gak appealing, tulisannya rapet-rapet (alesan :)))). Lucunya, Suami juga pernah punya buku ini dan sama seperti gw gak pernah betul-betul dia baca :))) Kenapa gw dulu beli buku ini sih, karena gw pernah iseng googling dengan keyword semacam the best books of all time dan buku ini selalu ada di setiap list.
  • What The Dog Saw – Malcolm Gladwell. Ini sisa buku Gladwell yang belum gw baca karena gw skip dulu dengan buku terakhirnya yang lebih tipis.

Yu mari semoga kebaca 😀

6 thoughts on “2015 Resolution (1/3)

  1. Baca buku itu waktunya “me-time” yang sangat berharga sekarang2 ini… Secara cuman bisa baca pas Raya lagi bobok siang & malem.. Jadi kl baca harus ngebut 😀
    Jadi terinspirasi, mo nulis di blog ttg buku yg aku baca juga aaah.. ngga papa ya hihihihi

    • Silakan 😀 sebenernya aku bisa baca pas anakku bangun dan (lagi mau) main oprek2 sendiri… Tp dia kadang suka ijo liat barang yg dipegang emaknya :))) padahal udah dikasi buku dewasa lain… Dasar anak2 ya

  2. Ping-balik: 2015 Resolution(s) & Other Things | Masanya

Tinggalkan Balasan

