The Trade Offs

Beberapa hari yang lalu gua membaca berita di internet tentang retirement letter dari CFO Google, Patrick Pichette. Tentunya gua nggak kenal dengan Bapak Patrick ini, mendengar namanya pun baru pas dia mengumumkan rencana pensiunnya. Walaupun tidak mengenal dia, berita di internet tersebut cukup menarik untuk diikuti dan gua pun lantas membaca surat pensiunnya di sini.

http://www.washingtonpost.com/blogs/on-leadership/wp/2015/03/11/this-retirement-letter-from-googles-cfo-is-like-few-youll-ever-read/

Secara garis besar, alasan pensiun yang dia utarakan tidak banyak berbeda dengan alasan pensiun kebanyakan orang. Yang menarik adalah betapa si Bapak CFO ini begitu manusiawi dalam menyampaikan alasannya. Kalimat terakhir dari surat tersebut adalah sebagai berikut, “In the end, life is wonderful, but nonetheless a series of trade offs, especially between business/professional endeavours and family/community. And thankfully, I feel I’m at a point in my life where I no longer have to have to make such tough choices anymore. And for that I am truly grateful. Carpe Diem.”

Kemarin malam, gua dan istri melanjutkan jadwal nonton Suits kita di Season 3 episode 14. Episode di mana Louis Litt terkena serangan jantung – sembuh – melamar Sheila – berencana menikah – ragu-ragu karena Sheila minta dia pindah ke Boston – Sheila bersedia pindah ke New York – Batal menikah karena ternyata Sheila tidak mau punya anak. Sheila bersedia pindah ke New York untuk bersama Louis, tapi dia tidak bersedia untuk punya anak. It’s not a trade off she’s willing to accept. Episode itu pun berakhir dan gua belum tahu kelanjutannya.

Dalam hidup, kita selalu berharap supaya kehidupan kita lebih baik. Pekerjaan yang lebih baik, kondisi keluarga yang lebih baik, tubuh yang lebih sehat, harta yang lebih banyak, dan sebagainya dan sebagainya. Manusiawi. I’m not going to lie, I want a so-called perfect life as well. Tapi, tidak ada yang sempurna dan terkadang ekspektasi kita terhadap kehidupan yang sempurna ini yang membuat kita sulit bahagia. Indeed, life is a series of trade-offs and that’s how we should look at it.

Salah satu keputusan terbesar yang gua dan orangtua dulu pilih adalah menempuh pendidikan SMA di Bandung. Keputusan yang cukup obvious dan kalau harus diulangi akan gua pilih lagi. Tapi keputusan tersebut tidak tanpa trade off. Gua harus berpisah dari orangtua gua sejak usia 15 tahun. Setelah gua punya anak, gua baru bisa menempatkan diri pada perspektif mereka dan menyadari betapa beratnya hal tersebut. Semenjak kepindahan gua ke Bandung 15 tahun lalu, gua sudah mengalami 3 kepindahan lain: Balikpapan, Edinburgh, dan Groningen. Di setiap kepindahan, orangtua gua selalu mengantar sampai airport dan mama tidak pernah tidak menangis. Can I make the same decision for my kids(s)? I’m not sure.

Salah satu keputusan terbaru yang meminta banyak trade-off tentunya adalah kepindahan gua dan keluarga ke Belanda. There was a lot of financial trade off, but I won’t get into the details. Tapi trade off terbesar mungkin dibuat oleh istri gua yang harus meninggalkan pekerjaannya setelah melahirkan anak pertama kami. Selain itu ada beberapa trade off yang relatif lebih ringan seperti tidak adanya pembantu, kemudahan mencari restoran halal, jauh dari saudara, dan lain-lain. Overall, kami lebih bahagia di sini (kalau tidak lebih bahagia mendingan balik juga sih) tapi semua tidak tanpa pengorbanan.

Dan trade off itu tentunya tidak akan berakhir sampai di sini. Gua dan keluarga masih akan harus membuat keputusan dalam hidup yang menuntut pengorbanan. Kita tentu berharap akan kehidupan yang lebih baik tapi tentunya di balik itu akan ada series of trade off yang kita buat.

Choose the trade offs you are able to handle and be conscious about them.

2 thoughts on “The Trade Offs

    • kami setrika beneran aja nggak punya loh..
      cuma ada seonggok setrika portable yang nggak tau masih bisa idup apa nggak..

Leave a Reply

