Engineered Nasi Uduk Rice Cooker dengan Santan Kara

Ada yang pernah googling resep nasi uduk rice cooker (dengan santan Kara) trus pas dicobain gagal? Gw pernah sekali (trus karena jumawa buatnya banyak pula), dan ternyata kalo gw googling ada beberapa blog yang menceritakan tentang nasi uduk rice cooker-nya yang “gagal”. Mungkin alasan gagalnya sama dengan yang gw alami. Di sini gw coba share resep nasi uduk gw yang gw anggap berhasil, setelah melakukan penyesuaian pendekatan engineering dari resep-resep yang ada dengan hitungan ala-ala dari gw yang masih sulit menggunakan feeling kalo masak. That’s why I enjoy baking more than cooking kali ya, padahal gw bukan sweet tooth. There’s a quote saying that cooking is an art and baking is a science. Ceileh, banyak cakap.

Sebenernya gw sama Suami gak yang doyan amat apa kepengen amat ini nasi uduk sih. Tapi berhubung jadi tuan rumah pengajian untuk kedua kalinya dan yang pertama gw udah bikin pasta, ya gw upayakan lah bikin masakan Indo yang gampil.

IMG_7865Nasi Uduk & friends… ayam, kering tempe, telur, timun, muffin *loh? (pardon the bad quality pic)

Resep yang umumnya kita temukan untuk nasi uduk rice cooker adalah:

  • 3 cangkir beras yang telah dicuci
  • Daun salam dan batang serai
  • Garam secukupnya
  • Santan kotak Kara 200ml
  • Air secukupnya (sampai 1 ruas jari seperti memasak nasi biasa)

1st trial gw bikinlah dengan resep plek ketiplek, tapi cangkirnya cangkir bawaan rice cooker gw yang ukurannya 180ml. Di percobaan pertama ini, hasilnya gagal dan nasinya lembek. Semua petunjuk seperti mengaduk nasi setelah lampu jepret juga sudah gw lakukan. Di beberapa blog yang gw baca, nasi uduk yang gagal ini bisa diselamatkan dengan dikukus di dandang. Dalam kasus gw masih lembek :D.

Feeling gw sih, ini karena kesalahan takaran. Masalahnya, gw tanya sana sini (sampai ke selegram tukang masak) jawabannya sama semua: jumlah santan+air sama dengan jumlah air kalau masak nasi biasa. Padahal gw dengan jelas nanya mililiternya, tapi ga ada yang jawab pake milliliter :(. Tapi ini memang resiko kalo nanya sama yang udah jago masak sih, jadi yasudahlah. Gw coba akalin sendiri dan akhirnya Alhamdulillah berhasil.

Kuncinya:

  • Orang-orang yang bilang jumlah santan+air tambahan = jumlah air masak nasi biasa, biasanya menggunakan santan cair. Sementara kalau spesifik pakai merk Kara yang cream, maka santannya santan kental jadi takaran volume-nya juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan konsistensi santan yang tepat. Dalam kasus gw, santan Kara-nya jadi banyak sehingga terlalu kental. Kalau pakai santan cair lebih mudah, langsung saja takarannya sejumlah air untuk memasak nasi.
  • Resep di atas tidak salah, tetapi tidak dijelaskan kalau cangkir di sini sama dengan istilah CUP dalam satuan US yaitu 240-250ml. Jadi kalau disebut 3 cangkir ya harus 3x250ml = 750ml untuk 1 kotak santan Kara 200ml. Untuk ukuran cangkir yang lebih kecil ya dihitung saja secara matematis dengan proporsi (AKU SERIUS). Dalam kasus gw, 1 cangkir 180ml membutuhkan sekitar 50ml santan kental Kara.

Jadi, beginilah penyempurnaan resep nasi uduk ala-ala gw yang sebetulnya cuma menambah measurement unit :))))

Bahan-bahan (INGAT, ini hanya berlaku kalau pakai Kara cream ya)

  • 3 cangkir beras yang telah dicuci (1 cangkir = 250ml, penting!)
  • Daun salam dan batang serai
  • Garam secukupnya
  • Santan kotak Kara cream 200ml (sesuaikan dengan proporsi beras)
  • Air secukupnya (sampai 1 ruas jari seperti memasak nasi biasa)

Cara memasak:

  • Campur semua bahan dalam panci RC, aduk rata
  • Masak dengan RC, tunggu sampai lampu RC matang menyala alias jepret
  • Aduk-aduk nasi setelah lampu RC matang sampai santan yang mengendap merata. Note: ini belum jadi nasi uduknya.
  • Tunggu sampai 15 menit sampai nasi matang sempurna

InsyaAllah jadi 😀

Oh iya, untuk mengakomodir request dari seorang teman, gw coba buat kompilasi resep-resep yang sudah pernah gw coba. Linknya ada di sidebar, insyaAllah akan terus di-update kalau sudah nyobain yang baru.

10 thoughts on “Engineered Nasi Uduk Rice Cooker dengan Santan Kara

    • Maap lebay ya, kt suami aja udah kayak TA -_-” Iya ayo buat….gampang tinggal aduk. Mungkin kalau pakai santan dr pasar gt lebih meyakinkan Nyr 😀

  1. Gw juga pernah tuh bikin nasi uduk pake RC terus gagal. Udah pake jumawa juga bikin banyak. ampe akhirnya gw goreng aja itu nasi hahahaha! Akhirnya sekarang kalau bikin nasi uduk gw bikin macem bikin lemper. Santennya dimasak terpisah terus diaduknya ntar bareng nasi yang udah mateng. Ya mengingat udah nggak inget lagi rasa nasi uduk beneran, lumayan juga rasanya, cuma jadi agak lebih creamy :)))

    • Ditambah kunyit kurangin santan dikit juga jadi naskun. Memang mejik RC ini 😀
      Aku udah lama pgn bikin hainan juga sebenernya tp suami kurang doyan

  2. Wuiiiii lengkap eta nasi uduknya, nya… paling males buat printilannya soalnya :P, keburu yang mau makan siang teriak “emaaaammm emaaammm” 😀
    Alhamdulillah kali ini ga pake terkompori anya 😛 *lagibuatsatepadangbuatbuka*

  3. anya, kalo gw santen kara nya ditambahin air dulu biar encer, trus takarannya kaya masak nasi biasa.. trus setelah 10-15 menit gw aduk2, pas mateng jg gw aduk2 lagi.. alhamdulillah berhasil sih.. hihii

Tinggalkan Balasan

