5-A-Day

Gw dan Suami adalah dua orang yang sebetulnya tidak menyukai makanan sehat, lebih tepatnya kami tidak suka sayur. Gw adalah penggemar makanan gurih dan makanan pokok. I was a carbo monster :p Bahkan di yearbook kampus, salah satu testimoni untuk gw adalah pemakan nasi. Alhamdulillah kegilaan makan karbo di masa lalu itu belum memengaruhi berat badan gw selama ini (semoga badan gw seterusnya nurun bokap, Aamiin). Sebaliknya, Suami adalah penggemar makanan manis. Emang jodoh mah gak kemana-mana ya :p Gw suka bebikinan & baking tapi gak suka-suka amat makanan manis, sementara suami adalah sweet tooth.

Tidak suka makanan sehat bukan berarti tidak mau sama sekali lho. Kami mau kok makan sayur untuk hidup yang lebih sehat. Setidaknya kami selalu berusaha memenuhi 5-A-Day dalam satu hari. Apa sih 5-A-Day itu? Pasti sudah banyak yang tahu. Tapi, gw juga pernah ngobrol dengan beberapa teman yang belum pernah mendengar istilah ini… jadi gw coba share sedikit ya 🙂

23E180B200000578-2865364-image-m-4_1418047535382

Gambarnya pinjam dari sini

5 A Day

Gw pertama kali mendengar istilah 5-a-day ini dari Suami. Suami pertama kali mendengarnya dari mantan bos-nya, seorang Prancis di Perusahaan Prancis. Orang Prancis kan relatif langsing-langsing sehat ya, singkatnya we’re sold :))

Mengutip Wikipedia (we cannot always trust Wikipedia, but I think this one is trusted):

5 A Day is any of various national campaigns in countries such as the United States, the United Kingdom and Germany, to encourage the consumption of at least five portions of fruit and vegetables each day, following a recommendation by the World Health Organization that individuals consume “a minimum of 400g of fruit and vegetables per day (excluding potatoes and other starchy tubers).

Terdengar repot yah? Padahal setelah gw baca-baca lagi, gampang kok. 5 A Day ini bukan 5 porsi sayuran dan 5 porsi buah-buahan, tetapi 5 porsi kombinasi antata sayuran dan buah-buahan. Salah satu kunci lainnya adalah variasi sayur dan buah untuk mendapatkan manfaat yang berbeda, jadi bukan 5 porsi dari 1 jenis sayur/buah ya.

Memang awalnya agak membingungkan karena mereka menyebut porsi. Apa itu porsi? Ini contoh acuan termudah yang gw dapat dari bbcgoodfood yang juga mereka rekap dari berbagai sumber. Sebagai contoh, dari chart lengkap tersebut gw dapat membuat menu 5 A Day harian sebagai berikut:

Sarapan: 1 buah kiwi dan 1 sdm kismis dalam oatmeal = 1.5 porsi
Snack pagi: 1 buah apel atau 7 buah strawberry = 1 porsi
Makan siang: 1 buah tomat atau 1 porsi timun = 1 porsi
Snack sore: 1 buah pisang dan 1 buah jeruk mandarin = 1.5 porsi
Makan malam: 1 porsi sayuran dari seperti buncis, kacang polong, brokoli, atau wortel = 1 porsi

Itu saja sudah 6 porsi, jadi sebetulnya masih boleh “dipotong”. Memang masih jauh sih dari dedek-dedek bule di kampus dulu yang cemilannya sebungkus baby carrot, tapi mayan lah :p

Ternyata tidak sebanyak itu kan? Untuk anak tinggal disesuaikan dengan usianya, saat ini meisje-H gw beri sepertiga porsi 5 A Day dewasa.

Gw suka 5 A Day karena metodenya tidak menuntut untuk harus selalu makan sayur di setiap meal 😀 Cocok untuk keluarga kami yang gak doyan sayur. Lagipula yang gw amati di sini, umumnya orang-orang hanya makan siang dengan roti dengan ham/keju/spread kacang plus tambahan buah. Daycare meisje-H juga “hanya” menyajikan roti gandum sebagai makan siang. Pagi harinya juga kan bukan sarapan hangat, jadi praktis kebanyakan orang hanya makan sayur saat makan malam.

Menurut mantan bos yang sama, kalau sudah bisa memenuhi 5 A Day selebihnya kita lebih bebas untuk makan yang lainnya. Ini gak bisa ditelan bulat-bulat sih, but we love that idea :p. Lagipula apa sih serunya makan kalo ga ada cheating meal-nya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s